Banyak Berita Hoax Yang Telah Menyebar Di Dunia, MCA Mana Yang Sudah DiTangkap Oleh Polri. - Super Liputan6 | Kisah Sebuah Cerita

Wednesday, March 7, 2018

Banyak Berita Hoax Yang Telah Menyebar Di Dunia, MCA Mana Yang Sudah DiTangkap Oleh Polri.



Super Liputan6 - Penangkapan terhadap sebanyak admin kumpulan Muslim Cyber Army (MCA) berhubungan penyebaran hoax dan ujaran kebencian melewati media sosial memunculkan sejumlah pertanyaan. Salah satunya, MCA mana yang kini diciduk polisi? Sebab, nama itu cukup tidak sedikit beredar di media sosial.




Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal menyatakan, pihaknya tidak secara eksklusif membidik kumpulan tertentu dalam membasmi hoax dan ujaran kebencian. Polri pun tidak menyerahkan label pada semua tersangka yang ditangkap.



"Intinya Polri tidak melihat tersebut kelompok-kelompok mana. Yang jelas ada tindakan melawan hukum, terdapat bukti pidana di situ," ujar Iqbal di Jakarta, Selasa 6 Maret 2018 malam.
Polri, lanjut Iqbal, mengerjakan penyelidikan dan penyidikan cocok dengan aturan yang berlaku. Istilah MCA baru hadir setelah dilaksanakan pendalaman terhadap semua tersangka. Terlebih bukti permulaan pun menunjukkan bahwa semua tersangka saling sehubungan dalam satu kelompok.


"Kebetulan pada waktu tersebut tersangka terdapat dalam grup WhatsApp The Family MCA itu. Kita pun tidak mengklaim bahwa MCA secara borongan (penyebar hoax dan ujaran kebencian), tidak. Tetapi sejumlah orang yang terbukti," cerah dia.

Jenderal bintang satu tersebut meyakinkan, Polri tidak tebang pilih dalam penegakan hukum terhadap penyebar hoax dan ujaran kebencian di media sosial. Penegakan hukum ini dilaksanakan semata-mata guna memelihara ketenteraman dan ketertiban masyarakat.

"Intinya tidak boleh coba-cobalah guna memutarbalikkan kenyataan demi kepentingan pribadi, golongan, kumpulan apa pun. Mempengaruhi pikiran-pikiran masyarakat sampai-sampai nanti ujungnya memecah belah bangsa," ucap Iqbal.

Lembaga Regional Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFE Net) rajin memantau kegiatan MCA di dunia maya semenjak tahun lalu. Namun, koordinatornya, Damar Juniarto menyatakan terkejut dengan profil pentolan MCA yang diciduk Polri baru-baru ini.

"Ini kumpulan yang malah tidak pernah kami lihat," kata dia ketika dihubungi Super Liputan6, Selasa malam.
Aktivis siber ini mengasumsikan Polri dan lembaganya memantau gerak-gerik MCA yang berbeda. Berdasarkan keterangan dari dia, MCA punya tidak sedikit varian. Setidaknya, menurut pantauannya terdapat delapan kumpulan yang menyinggung diri dengan embel-embel MCA.

Wujudnya di dunia digital juga berbeda-beda. Tiap kumpulan mempunyai simbol sendiri. Fokus kepentingannya juga berbeda, namun dalam sejumlah isu dapat bekerja bersama-sama.
Damar mengatakan, MCA sejatinya muncul sehubungan dengan seruan jihad digital. Konteksnya ialah perjuangan umat Muslim dunia. Karena itu, Damar menjelaskan, MCA sering mengusung isu laksana Palestina dan Suriah.
"Mereka tersebut tidak campur tangan dalam politik nasional," ia menambahkan.

Hal ini bertolak belakang dengan MCA yang diciduk Polri. Mereka justeru bermain isu politik, dengan menggiring opini melewati kabar bohong.



Sementara, MCA generasi lama punya kemahiran melakukan serangan siber. Damar menebak kemampuan kumpulan tersebut jauh lebih tinggi dibanding MCA yang sudah diciduk Polri.

Mereka dapat menyerang website, sampai membajak akun. Namun, MCA generasi lama ini, menurut keterangan dari dia, telah lama vakum semenjak 2014.
Damar menyatakan pernah berkomunikasi dengan aktivis MCA generasi lama. "Buat mereka (menyebar hoax) memalukan," ia menirukan pengakuan aktivis itu.

Kini tidak sedikit kelompok yang hadir mendompleng nama MCA. Istilah MCA, menurut keterangan dari Damar, berkembang menjadi lebih generik.


Agen Tangkas Terpercaya - SuperTangkas ( www.st838.com / www.initangkas.com ) merupakan permainan bola tangkas yang bersifat Fair Play (Menggunakan Unsur Settingan Darat) dan tidak menggunakan sistem Lock Pemain. Bermain di Supertangkas anda akan mendapatkan berbagai banyak keuntungan lainnya, seperti adanya sistem lotere, fitur buka kartu, fitur JP, dan Fitur Extra Bonus.


No comments:

Post a Comment

Banyak Berita Hoax Yang Telah Menyebar Di Dunia, MCA Mana Yang Sudah DiTangkap Oleh Polri.

Super Liputan6 - Penangkapan terhadap sebanyak admin kumpulan Muslim Cyber Army (MCA) berhubungan penyebaran hoax dan ujaran kebenci...