Gempa Yang Guncangkan Papua Nugini, Dan 67 Orang Tewas. - Super Liputan6 | Kisah Sebuah Cerita

Tuesday, March 6, 2018

Gempa Yang Guncangkan Papua Nugini, Dan 67 Orang Tewas.

Super Liputan6 - Serangkaian Gempa Besar Guncang Papua Nugini, 67 Orang Tewas.




Para relawan di Papua Nugini mengatakan, jumlah korban tewas dampak gempa berkekuatan 7,5 skala Richter pada minggu lalu, menjangkau paling tidak 67 jiwa. Jumlah itu baru dapat diketahui pada mula pekan, lantaran sulitnya akses pengungsian dan distribusi pertolongan ke tempat bencana yang sedang di dataran tinggi terpencil.

Baca Juga : Berbagai Peraturan Bola Tangkas Yang Terpercaya Di Indonesia Super Tangkas.

Dilansir dari The Guardian pada Senin (5/4/2018), pasca-terjadinya gempa besar, tercatat sejumlah tiga kali gempa mengguncang unsur tengah dan unsur selatan Papua Nugini, di mana kekuatannya berkisar rata-rata 5 skala Richter. 

Khusus gempa terakhir, diketahui melanda area yang serupa dengan gempa sebelumnya, yaitu di pegunungan batu di distrik selatan, di mana urusan itu dikhawatirkan merangsang bencana yang lebih parah, laksana tanah longsor dan banjir. 
Bantuan sedang diupayakan guna dapat terdistribusi sampai kawasan pelosok yang terkena akibat bencana, yakni distrik yang berjarak selama 500 kilometer dari ibu kota Port Moresby. 


Udaya Regmi, kepala Palang Merah Papua Nugini, menuliskan bahwa jumlah korban tewas dampak gempa sangat barangkali terus bertambah. 

"Kita tahu setidak 500 orang terluka dan selama 127 ribu orang membutuhkan pertolongan segera, laksana pangan, air, barak pengungsian, dan pun layanan kesehatan," jelas Regmi. 

Baca Juga : Info Indonesia Super | Tips -Tips Bermain Dan Meraih Kemenangan Bermain Di Permainan Bola Tangkas Mickey Mouse.

"Banyak distrik yang dilanda gempa masih susah dijangkau, kecuali dengan berlangsung kaki, sampai-sampai masalah penyaluran menjadi paling krusial. Kami benar-benar membutuhkan pertolongan dari negara kawan dan komunitas amal dunia, sebab ini (bencana gempa) adlaah krisis kemanusiaan," lanjut Regmi menjelaskan, 
Isaac Pulupe, seorang penduduk kota Tari, di provinsi Hela, yang selamat dari bencana gempa, mengatakan untuk Radio New Zealand bahwa mayoritas bangunan di kotanya hancur, termasuk sejumlah sekolah dan beberapa bangunan lokasi tinggal sakit. 

"Banyak orang merasa trauma secara emosional sebab bencana gempa, kebun dan lokasi tinggal mereka hancur," ujar Pulupe. 

"Kami mendengar bahwa sejumlah organisasi amal berkomitmen membantu. Namun kami belum pun melihat kehadiran mereka di sini. Saat ini, yang kami tahu ialah pemerintah provonsi tengah terus-terusan berjuang meminta pertolongan untuk semua korban (bencana)," jelasPulupe. 

Sebanyak empat distrik yang terkena akibat bencana -- dan mayoritas berada di area terasing -- menciptakan pemerintah Papua Nugini memutuskan status terpaksa guna mendorong datangnya pertolongan kemanusiaan. 

Di ketika yang bersamaan, gempa bumi tersebut merangsang terjadinya bencana tanah longsor, terputusnya sambungan listrik dan komunikasi di tidak sedikit wilayah, serta jalan rusak. 

Minggu lalu, Palang Merah Internasional berkomitmen memberikan pertolongan senilai sejumlah ribu dolar Amerika Serikat (AS), tetapi merasakan hambatan pada akses jalan, sampai-sampai terpaksa memakai jasa helikopter. Akibatnya, ongkos distribusi juga membengkak. Namun jumlah pertolongan yang di berikan tidak tepat guna jumlahnya. 

Sementara itu, pemerintah Australia sudah menyalurkan pertolongan sebesar 200.000 dolar Australia, atau selama Rp 2,1 miliar, di mana sejumlah di antaranya berbentuk tablet purifikasi air dan terpal serbaguna. 

Darian Clark, salah seorang petugas kemanusiaan yang mewakili Australia dalam penanganan korban bencana gempa di Papua Nugini, mengatakan: "Korban gempa tidak melulu berada di pedesaan, namun pun di perkotaan. Beberapa distrik di antaranya merasakan tanah longsor dan banjir lumpur, sampai-sampai menyulitkan akses untuk datangnya bantuan."

Bantuan serupa pun datang dari Selandia Baru, di mana pemerintahnya mengeluarkan sumbangan langsung sebesar 500.000 dolar, atau selama Rp 4,9 miliar. Bantuan itu diterbangkan memakai pesawat Hercules yang mendarat di Port Moresby pada hari ini. 

"Buruknya situasi jalanan menuju tempat bencana, serta terputusnya sambungan komunikasi, menyebabkan perlunya usaha lebih keras guna segera mendistribusikan pertolongan ke ribuan penduduk yang terjebak," jelas Menteri Luar Negeri Selandia Baru, Winston Peters.

Agen Tangkas Terpercaya - SuperTangkas ( www.st838.com / www.initangkas.com ) merupakan permainan bola tangkas yang bersifat Fair Play (Menggunakan Unsur Settingan Darat) dan tidak menggunakan sistem Lock Pemain. Bermain di Supertangkas anda akan mendapatkan berbagai banyak keuntungan lainnya, seperti adanya sistem lotere, fitur buka kartu, fitur JP, dan Fitur Extra Bonus.


No comments:

Post a Comment

Banyak Berita Hoax Yang Telah Menyebar Di Dunia, MCA Mana Yang Sudah DiTangkap Oleh Polri.

Super Liputan6 - Penangkapan terhadap sebanyak admin kumpulan Muslim Cyber Army (MCA) berhubungan penyebaran hoax dan ujaran kebenci...